Banyak diantara peralatan yang kita
gunakan saat ini terinspirasi oleh karya seni baik itu novel, maupun
film fiksi ilmiah, seperti ponsel dan helikopter yang terinspirasi dari
Star Trek dan war of the worlds. Berikut ini adalah 10 penemuan yang
terinspirasi dari karya fiksi ilmiah.
1. Kapal Selam
Simon Lake adalah seorang
pencipta/penemu berkebangsaan Amerika yang dianggap sebagai bapak dari
kapal selam modern. Simon lake awalnya terpikat oleh ide perjalanan
dibawah laut sejak ia membaca buku
karya Jules Verne “Twenty Thousand leagues under the sea” pada tahun
1870.Inovasi dari Lake termasuk tangki pemberat, kompartemen serta
periskop. Perusahaannya membuat Argonaut, kapal selam pertama yang
berhasil sukses dalam pengoperasian dilautan terbuka, Pada tahun 1898 ia
mendapatkan ucapan selamat dari Verne yang hasil karyanya menjadi telah
memberi inspirasi Lake.
2. Helikopter
Jika Jules Verne mungkin terkenal akan
karya fiksinya tentang kapal selam yang bernma “Nautilus”, Igor Sikorsky
si penemu helikopter modern menyatakan bahwa dirinya terinspirasi dari
sang penulis asal Prancis tersebut, ia terinspirasi dari buku
Julius Verne lainnya “Clipper of the clouds” yang pmenginspirasikan
Igor Sikorsky untuk membuat helikopter yang sering ia baca saat ia masih
remaja.Sikorsky bahkan sering mengutip perkataan Verne yang menyatakan
:”apapun yang dapat dibayangkan oleh seseorang, maka orang lain dapat
mewujudkannya”
3. Roket
Robert F Goddard yang merukan seorang
ilmuwan berhasil membuat roket berbahan bakar cair pertama. tanggal Pada
awalnya Ia terpesona dan tertarik dengan hal penerbangan luar angkasa
setelah membaca serial di sebuah surat kabar pada tahun 1898 mengenai
invasi dari Mars, yang dikarang H.G Wells. Kemudian Goodard menyatakan bahwa konsep penerbangan antar planet sangan menggoda dan mencengkram imajinasinya.
4. Tenaga Atom
pada tahun 1914 H.G Well menerbitkan
novel “the world set Free” membayangkan munculnya energi buatan atom di
tahun 1933. diikuti oleh perang dunia yang mengancurkan, hingga akhirnya
terbentuk pemerintahan global yang damai. Seorang ahli Fisika Leo
Szilard membaca buku tersebut pada tahun 1932 yang memberinya inspirasi
dalam menyelesaikan masalah dalam menciptakan reaksi berantai nuklir
ditahun 1933. Buku yang sama pula dipakai oleh Szilard untuk pengawasan
senjata, penggunaannya, dan penggunaan tenaga nuklir setelah perang
dunia ke-2.
5. Pusat Informasi Tempur (Combat information Centre)
pada tahun 1930an -1940an EE doc Smith
memuaskan para pembacanya dengan judul “Lens Men” yang mengisahkan
tentang petualangan futuristik dari kapal patroli galaktik. Dalam sebuah
surat di tahun 1947 editor Sci-fi James W Campbell memberitahu Smith
bahwa Directix (Sebuah kapal komando yang ditampilkan dalam serial
tersebut) telah mengilhami para perwira angkatan laut AS untuk
memperkenalkan konsep Pusat Informasi tempur diseluruh kapal perang AS.
6. The Waldo
Pada tahun 1942 seorang penulis Sci-fi
terkenal Robert Heinlein menerbitkan sebuah cerita pendek tentang
seorang penemu yang memiliki fisik lemah yang bernama Waldo F Jones yang
menciptakan tangan mekanik yang dapat dioperasikan dari jarak jauh.
Pada pertengahan tahun 1940an Amerika menciptakan lengan mekanik untuk
industri nuklir mereka dan diberi nama “Waldo” sebagai penghormatan atas
ide Robert Heinlein.
7. Ponsel
Martin Cooper selaku Direktur
pengembangan dan penelitian Motorola memberi kredit kepada film Star
Trek dimana Star Trek komunikator sebagai inspirasi untuk desain ponsel
pertama diawal tahun 70an. “Bagi kami hal tersebut bukanlah Fantasy”
ujar Cooper , “Namun suatu tujuan”
8. TASER (Pistol kejut listrik)
Salah satu karakter paling terkenal
dalam dunia sastra diawal abad ke-20 adalah Tom Swift yang digambarkan
sebagai seorang penemu yang jenius, tokoh utama dalam buku seri fiksi
ilmiah untuk remaja. Fisikawan NASA, Jack Cooper sebagai penemu TASER
adalah fan tokoh tersebut, itu sebabnya ia memberi nama alat temuannya
sebagai TASER dedikasinya untuk Tom Swift atas temuan fiksinya Taser.
TASER bermakna Thomas A Swift Electric Riffle.
9. Quicktime
Ilmuwan dari Perusahaan Apple, Steve
Perlman menyatakan bahwa ia mendapatkan ide untuk terobosan di bidang
multimedia yakni program multimedia milik Apple yakni Quicktime setelah
menonton sebuah episode dari fim Star Trek-The Next Generation dimana
salah satu karakter film seri tersebut tengah mendengarkan musik yang
beragam dikomputernya.
10. Second Life
Anda pernah bermain game online ini? ya
saya pernah, kita seperti berinteraksi dengan orang lain seperti
dikehidupan nyata, bahkan memiliki kurs mata uang tersendiri bernama
Linden, yang bisa dipakai untuk shopping, berganti avatar dsb.
Ditahun 1992 seorang pengarang bernama
Neal Stevenson menerbitkan novel berjudul Snow Crash yang menggambarkan
sepenuhnya kehidupan online dimana orang berinteraksi satu sama lain
melalui media yang mewakili orang-orang tersebut yang bernama “avatar”.
Phillip Rosedale penemu dari komuniti online yang pernah sangat populer mengaku bahwa sejak kuliah ia telah bermain-main dengan ide dunia virtual namun ia memberikan kredit pujian kepada novel Snow Crash yang melukiskan apa yang Phillip Rosedale katakan sebagai gambaran menarik dari apa yang seharusnya terlihat dari dunia maya dimasa mendatang, dan ia menytakan bahwa hal tersebut sangat menginspirasi dirinya.
Phillip Rosedale penemu dari komuniti online yang pernah sangat populer mengaku bahwa sejak kuliah ia telah bermain-main dengan ide dunia virtual namun ia memberikan kredit pujian kepada novel Snow Crash yang melukiskan apa yang Phillip Rosedale katakan sebagai gambaran menarik dari apa yang seharusnya terlihat dari dunia maya dimasa mendatang, dan ia menytakan bahwa hal tersebut sangat menginspirasi dirinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar